Login
Username:

Password:

  Registrasi?

Pemerintah Naikkan Komponen KHL Jadi 60 Jenis

Oleh dewi
Senin, 27 Agustus 2012 10:43:03 Klik: 771 Cetak: 203 Kirim-kirim Print version download versi msword

JAKARTA--MICOM: Pemerintah hanya sanggup menaikkan komponen kebutuhan hidup layak (KHL) menjadi 60 jenis komponen dari jumlah semula 46 jenis. Tidak mungkin komponen ini menjadi 128 seperti tuntutan yang ada.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, keputusan ini merupakan jalan tengah yang paling adil untuk semua pihak. Penambahan ini digunakan sebagai bahan keputusan dalam pelaksanaan proses survei harga KHL yang baru, untuk penetapan upah minimum 2013.

"Kita akhirnya menambah 14 komponen. Ini sangat adil yang harus diberikan dan harus diterima. Inilah jalan yang terbaik. Tidak mungkin komponen ini menjadi 128 seperti tuntutan yang ada. Tidak mungkin juga komponennya hanya empat saja. Kita ambil jalan yang paling adil," tegasnya di Jakarta, Kamis (12/7).

Ia menambahkan, selain itu terdapat delapan jenis penyesuaian atau penambahan jenis kualitas dan kuantitas KHL, serta satu perubahan jenis kebutuhan.

Penambahan komponen KHL itu tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 13 tahun 2012, tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak.

Aturan ini merupakan revisi dari aturan sebelumnya yakni Permenakertrans Nomor 17/PER/VIII/2005.

Muhaimin menjelaskan, proses revisi ini dilakukan melalui pertimbangan dari berbagai aspek, termasuk menerima usulan dan kajian dari berbagai pihak termasuk dari kalangan buruh.

"Tuntutan dari teman-teman pekerja dan buruh ini sudah kita tangkap, baik tema maupun beberapa tuntutannya. Hari ini saya baca ada yang protes. Tentu pengusaha juga boleh protes, pekerja juga ada yang protes. Tetapi hendaknya inilah jalan yang terbaik, paling adil," ujarnya. (Wta/OL-9)

 

Penulis : Nurulia Juwita Sari

 

Kamis, 12 Juli 2012 18:16 WIB   

 
Berita Investasi Lainnya
. APINDO Tetapkan 5 Sektor Kebangkitan Perekonomian RI
. Pelebaran Jalan (Organda)..
. Solok Butuh Investor
. Pajak Investor Semakin Ringan!!
. Jerman Kunjungi Sumbar Kemungkinan Berinvestasi
. Wagub Sumbar Puji Investor
. Laut Harus Dipetakan
. Inflasi Masih Tinggi
. Pelabuhan Teluk Tapang
. Bakrie Group Berinvestasi

Fatal error: Cannot redeclare themeplugin() (previously declared in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php:7) in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php on line 46