Login
Username:

Password:

  Registrasi?

Apindo: Produk Made in China Masih Mendominasi

Oleh Richy
Minggu, 14 September 2014 20:24:41 Klik: 488 Cetak: 108 Kirim-kirim Print version download versi msword

     Pertumbuhan manufaktur di Tiongkok yang melemah awal tahun dikatakan sebagai isyarat bahwa negara-negara basis produksi di Asia semakin berkembang. Negara Asia dikatakan makin kebanjiran investasi, khususnya dari perusahaan-perusahaan multinasional.
Kepada VIVAnews, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi, membenarkan hal tersebut. Menurutnya saat ini, semakin marak produk-produk dari negara emerging market yang masuk ke pasar Indonesia.
                    "Barang yang banyak masuk saat ini justru dari yang basis produksinya di Asia, seperti Vietnam dan Bangladesh," ujarnya.Meski demikian, kata Sofyan, dominasi produk Tiongkok saat ini belum terkalahkan. Kalaupun ada tanda-tanda penyusutan, hal ini dikarenakan harganya semakin mahal. Hal tersebut dianggap sebagai dampak dari peningkatan kualitas produk.
"Mereka (Tiongkok) sudah masuk ke teknologi. Teknologinya sekarang sudah tinggi. Labour insentive itu juga sedang dikurangi. Itu yang sedang dikembangkan," ungkapnya.
Menurut Sofyan, terus meningkatnya pasar produk-produk asal Eropa dan Amerika saat ini, juga belum menjadi ancaman bagi produk Tiongkok. Pasalnya, kedua benua tersebut hanya memproduksi barang dengan kualitas tinggi.
                       Sementara, daya beli masyarakat Indonesia belum dapat menjangkau harga yang ditawarkan kedua negara maju ini."Eropa dan Amerika, produknya belum masuk secara masif. Kalaupun masuk, ya sebagian hanya buangan, seperti Louis Vuitton dan merek-merek lainnya. Pasar Indonesia ini 200 juta orang lebih," tambahnya.
Lebih lanjut dirinya menegaskan, pengaruh penurunan ekonomi negara tirai bambu tersebut terhadap ekonomi Indonesia hanya pada harga komoditas ekspor yang menurun. Hal tersebut perlu diantisipasi dengan melakukan ekstensifikasi barang ekspor.

VIVAnews -  Minggu, 14 September 2014, Siti Sarifah Alia, R. Jihad Akbar


 

 
Berita Business Lainnya
. Soal Investasi, Sumbar Nomor Dua Pincit
. Jokowi-JK Ngumpul Bareng Sofjan Wanandi Dkk
. BBM Bersubsidi Mulai Langka di Daerah Ini
. APINDO Sosialisasikan CEPA Indonesia-Uni Eropa kepada Asosiasi Industri
. Pilkada Payakumbuh Gunakan Tinta dari Gambir
. Nila Ikan Dunia !!
. Merak Antri, Pengusaha Rugi
. Tenaga kerja asing dilindungi
. Peluang Usaha Dagang Rumahan
. Semangat Kewartawanan Seorang Usahawan

Fatal error: Cannot redeclare themeplugin() (previously declared in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php:7) in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php on line 46