Login
Username:

Password:

  Registrasi?

Pilkada Payakumbuh Gunakan Tinta dari Gambir

Oleh dewi
Selasa, 10 Juli 2012 14:30:49 Klik: 979 Cetak: 320 Kirim-kirim Print version download versi msword

Tinta dari bahan baku gambir yang akan digunakan pertama kali dalam pemilihan wakil walikota Payakumbuh, resmi diluncurkan Rabu (27/6) di Rumah Nenek Hotel dan Restaurant. dalam peluncuran itu, hadir ketua KPU Payakumbuh Hendrayani, Kepala Balai Standardisasi dan Riset (Baristand) Padang Umar Habsonn, Pimpinan CV Rasdi & Co. Ramal Saleh, dosen farmasi Unand Amri Bachtiar, manta Ketua Kadin Rusmazar Ruzuar, Ketua Apindo Sumbar Muzakir Aziz dan Ketua YLKI Dahnil Aswad, Ketua KPU Padang ALison, perwakilan KPU Sumbar dan lainnya.

Tinta gambir ini memiliki perbedaan dengan tinta untuk pilkada-pilkada sebelumnya. dari hasil penelitian Baristand Padang, produk ini dinyatakan ramah lingkungan dan amanbagi kesehatan terutama kulit. "Hasil penelitian tinta dari gambir ini membuktikan tintanya ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan kulit," ulasnya.

Yang tidak kalah pentingnya, tinta yang berpeluang menggantikan tinta untuk pilkada dan pemilu 2014 nanti ini, juga tahan lama. hasil riset, dalam waktu tiga hari tinta ini masih bisa bertahan alias tidak hilang. Memenuhi syarat sebagai penanda orang telah melaksanakan pemungutan suara. Selain itu, tinta ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari MUI.

Jika produksi tinta gambir ini masih bisa digunakan untuk skala nasional, tentu akan membawa dampak positif bagi petani gambir. pimpinan CV Rasdi & Co. Ramal Saleh menyebutkan, jika tinta ini diproduksinya dalam skala besar, maka akan berdampak pada petani gambir di Sumbar yang selama ini sering merana akibat harga diatur negara importir.

"Selama ini gambir asal Sumbar di ekspor ke luar negeri, termasuk Negara yang memproduksi tinta pemilu seperti India. Dengan begitu, mereka seenaknya mempermainkan harga. Nah, apabila diproduksi sendiri di dalam negeri dengan berbagai produk turunannya, maka akan meningkatkan nilai jual gambir petani," beber Ramal Saleh yang juga Ketua Asosiasi Gambir Indonesia (AKGI).

Ketua Apindo Sumbar Muzakir Aziz mengatakan, tinta ini terobosan dari Sumbar dan Apindo mengapresiasi. Mendukung itu, ke depan pihaknya berharap Baristand bersama perguruan tinggi dan pengusaha tidak hanya mengolah produk turunan dari gambir saja, tapi dikembangkan juga pada produk unggulan lain seperti nilam dan kulit manis yang potensinya besar di Sumbar. Mantan Ketua Kadin Sumbar Rusmazar Ruzuar berharap agar hak paten produk tinta ini menjadi perhatian serius sehingga tidak sembarang orang bisa memproduksinya. (ek/adv)

Sumber: Padang Ekspress, Jum'at 29 Juni 2012

 
Berita Business Lainnya
. Soal Investasi, Sumbar Nomor Dua Pincit
. Apindo: Produk Made in China Masih Mendominasi
. Jokowi-JK Ngumpul Bareng Sofjan Wanandi Dkk
. BBM Bersubsidi Mulai Langka di Daerah Ini
. APINDO Sosialisasikan CEPA Indonesia-Uni Eropa kepada Asosiasi Industri
. Nila Ikan Dunia !!
. Merak Antri, Pengusaha Rugi
. Tenaga kerja asing dilindungi
. Peluang Usaha Dagang Rumahan
. Semangat Kewartawanan Seorang Usahawan

Fatal error: Cannot redeclare themeplugin() (previously declared in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php:7) in /home/apindo/public_html/themes/apindo/theme.php on line 46